Skip to content

😍 Template 365 Siap Posting Untuk Setahun. Mau? (Cek disini)

Mau Instagram Template yang Branded dan Nyambung?

Ingin Feeds Lebih Menarik dan Unik? Simak Cara Menata Feed Instagram Canva Ini

Banyak sekali pengguna Instagram yang saling berlomba-lomba membuat postingan feed didesain sedemikian rupa agar menarik, misalnya dengan feed Instagram Canva. Aplikasi Canva untuk berbagai macam desain ini sudah banyak digunakan bukan hanya untuk menata feeds Instagram, melainkan juga desain lainnya. Misalnya yaitu brosur, story Instagram, hingga desain slide Power Point.

Hal ini tentu sangat mempermudah pengguna membuat feeds terlihat bagus dan tidak biasa. Entah itu dipakai untuk bisnis, personal, maupun untuk urusan sekolah, misalnya membuat feed IG kelas. Pastinya kamu membutuhkan referensi yang menarik, bukan? Nah, tepat sekali berikut ada cara membuat feeds puzzle, hingga langkah-langkah membangun personal branding.

Cara Membuat Feeds Terlihat Bersambung (Puzzle) di Canva

Memiliki desain feeds yang unik dan menarik tentu akan sangat menyenangkan karena pasti pemandangannya jadi menarik. Cara edit feed Instagram Canva agar terlihat seperti bersambung adalah sebagai berikut.

  1. Membuat Grid

Salah satu fitur yang menarik dan banyak digunakan oleh pengguna adalah fitur grid di Canva. Di sini kamu bisa membuat desain tatanan feed di IG terlihat seperti bersambung satu sama lain dengan cara yang sederhana.

buat desain > custom size
  • Buatlah kanvas baru dengan mengklik ‘buat desain’ lalu pilih custom design
  1. Membuat Kisi (Template)
Membuat kisi-kisi, batas post 1×3

Cara menata feed Instagram Canva selanjutnya supaya bisa seperti puzzle adalah membuat kisi. Sehingga nanti kamu bisa menentukan letak postingan yang terpotong.

  1. Mulai Membuat Konten
contoh desain canva nyambung 1×3

Kemudian mulailah untuk membuat konten postingan feed Instagram kamu. Masukkan tulisan, foto, gambar pada kanvas tadi. Kamu juga dapat memakai fitur Canva lainnya agar lebih bagus. Kamu harus memastikan juga gambar tetap pas dan bisa nyambung walaupun nanti akan terpotong.

Jika sudah, maka hapuslah kisi garis dan mulai download gambarnya dengan kualitas yang tinggi. Sehingga, nanti gambar tersebut tidak tampak pecah saat mulai diunggah ke akun Instagram.

  1. Memotong Gambar

Buatlah satu gambar menjadi sembilan bagian yang nantinya akan diunggah ke Instagram. Kamu dapat memakai bantuan berbagai website atau aplikasi yang bisa melakukan Split Image. Misalnya Pine Tool, dan lain-lain.

  1. Upload Gambar

Setelah itu, kamu tinggal mengunggah gambar yang sudah jadi satu persatu. Periksa kembali, pastikan sudah benar semua dan berurutan agar tak berantakan. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai template feed Instagram Canva lainnya yang kamu inginkan.

Itu dia cara bikin feed Instagram di canva dengan model puzzle. Model ini akan membuat feed kamu unik karena terlihat seperti potongan puzzle yang tertata rapi jadi satu. Tidak seperti tampilan feed yang biasanya.

Beberapa contoh feed Instagram yang bisa kamu jadikan referensi adalah tipe atau model template feeds aesthetic calm, blur aesthetic, moodboard, minimal line dan lain-lain. Sesuaikan juga model warna yang seirama.

Lihat contoh file Canva di link ini atau disini >> https://bit.ly/puzzlecanva

Pentingnya Mendesain Feeds Instagram

Feed Instagram yang menarik tentu akan mendatangkan banyak manfaat. Apalagi jika itu adalah akun bisnis yang mana konten-konten atau postingan maupun unggahan di Instagram harus bisa membuat pengunjung betah. Mengapa mendesain feeds di Instagram penting? Ini alasannya.

  1. Memiliki Kesan Awal Memikat

Kesan awal yang baik akan muncul saat seseorang mengunjungi akun Instagram kamu jika desain feeds kamu bagus. Maka dari itu kedudukan desain feed penting. Warna, tone visual dan tata letak yang sempurna misalnya dengan desain feed Instagram Canva yang sudah kamu hasilkan membuat pengunjung kamu betah melihat feeds.

  1. Lebih Profesional

Jika kamu memiliki akun bisnis, dengan mendesain feeds di Instagram akan membuat akun bisnismu lebih handal dan profesional. Kamu bisa membuat feed Instagram Canva dengan tema yang kamu inginkan, asal cocok dan senada. Ini juga memberi kesan baik dari pengunjung, entah itu akun bisnis maupun akun pribadi.

  1. Meningkatkan Followers

Banyaknya fitur di Canva yang memudahkan pengguna mendesain feed Instagram Canva yang cantik akan berpengaruh juga pada peningkatan followers. Kamu akan memperoleh impresi yang tinggi karena feeds kamu bagus, sehingga juga meningkatkan followers di Instagram.

Langkah-Langkah Membangun Personal Branding di Instagram

  1. Mengunggah Feeds dengan Konsisten

Konsisten tidak harus setiap hari, kamu hanya perlu memberi unggahan di feed IG secara rutin, disiplin dan teratur misalnya setiap minggu. Hal tersebut akan berpengaruh pada algoritma di Instagram, dimana unggahan akan lebih disadari oleh banyak pengguna lain.

  1. Cerita Singkat di Caption

Caption menjadi sesuatu yang dibutuhkan pengunjung Instagram kamu. Dengan hadirnya caption, orang jadi tahu apa yang ingin kamu sampaikan di unggahan tersebut. Berikanlah misalnya cerita singkat dan tetap berisi yang bisa membuat pengunjung penasaran dengan kisah selanjutnya. Ini akan lebih menarik perhatian.

  1. Merespons Kolom Komentar

Merespons pengunjung di akun Instagram kamu akan membuat mereka tak merasa ditinggalkan. Cobalah membangun diskusi dan interaksi lebih dalam dengan audiens, sehingga bisa membantu mereka lebih memahami ketertarikanmu. Tak hanya di kolom komentar, merespons lewat DM juga termasuk.

  1. Unggah Story

Bukan hanya feeds, story juga sama pentingnya. Pesan yang ingin kamu sampaikan di story harus bisa tersampaikan dalam waktu beberapa detik saja. Jika lebih lama, penonton akan merasa malas melihat dan langsung meninggalkan story. Story bisa berisi repost unggahan dari para ahli atau sesuatu yang menurutmu menarik sesuai keahlianmu, ataupun isi story lainnya.

  1. Hashtag, Referensi, QnA, dan Live

Jika dirasa belum mendapat engagement yang signifikan, padahal keempat cara sudah dilakukan, mungkin kamu belum efektif dalam penggunaan Instagram. Kamu perlu lebih banyak waktu di Instagram supaya membantu meningkatkan engagement. Misalnya dengan hashtag, apakah sudah sesuai dengan trending saat itu?

Bisa juga memperhatikan unggahan lain yang berkaitan dengan keahlianmu, oleh influencer atau unggahan lain yang punya engagement tinggi. Jadikan referensi untuk membantumu tetap terinspirasi menciptakan personal branding di feed. Buka juga diskusi QnA, hingga live Instagram.

Jika personal branding berhasil kamu jalankan dengan benar, kamu akan merasakan hasil yang signifikan dengan saat sebelumnya. Demikianlah pembahasan tentang feed Instagram, cara membuat feed Instagram Canva yang menarik, dan langkah membangun personal branding.